Logo Design by FlamingText.com

widgeo.net

INTERNET DAN INTRANET

Share on :
A. PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET

1. Intranet
Secara praktis intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi /perusahaan. Dengan kata lain, intranet merupakan sebuah jaringan privat dengan sistem dan hierarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secara internal.



Keuntungan
1. Membantu meningkatkan produktivitas kerja
2. Meningkatkan effisiensi waktu
3. Komunikasi dapat dilakukan secara tepat
4. Kemudahan sistem publikasi web
5. Efektifitas biaya
6. Keseragaman informasi
7. Meningkatkan kerjasama

Kelemahan
1. Perlu pelatihan utuk mendidik anggota
2. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan internet
3. Kemungkinan untuk mengirim hal yang kurang sopan
4. Informasi yang salah akan segera beredar

2. Internet
Internet singkatan dari Interconnected Networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung, lebih jelasnya adalah gabungan jaringan komputer diseluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global. Dengan katalain internet adalah jaringan komputer network yang membentuk jaringan interkoneksi yang terhubung melalui protocol TCP/IP. Didalam internet kita dapat melakukan berbagai kegiatan diantaranya : chating, Email, browsing, download, upload, dan lain sebagainya.

B. FASILITAS-FASILITAS APLIKASI INTERNET

Intenet dimanfaatkan manusia untuk keperluan informasi sesuai fungsinya. Diantaranya adalah untuk E-mail/ Electronic mail (surat elektronik), news group, WWW (World Wide Web ), Mailing list, Gopher, Telnet, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol, Ping dan sebagainya.

1. WWW (World Wide Web)
www adalah sebuah sistem diamana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertekt dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di WEB pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF,JPG, PNG) , suara (dalam format AU,WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). Layanan ini menyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung dikomputer client, dengan menggunakan protocol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dan program aplikasi browser internet.

2. FTP (File Transfer Protocol)
Sesuai namanya layanan ini memang digunakan untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain di internet, dengan konsep client server. Dalam hal ini, sebagai pengguna komputer Client kamu bias mengkopi file yang tersedia pada komputer client, kamu bias mengkopi file yang terseddia pada komputer server di internet menggunakan layanan FTP.

3. E-mail
Fasilitas ini digunakan untuk komunikasi pengguna internet melalui surat elektronik yaitu surat dalam bentuk file yang bias dibuka di komputer. Pengguna internet yang ingin memanfaatkan layanan ini harus mendaftar pada komputer server penyedia layanan email, setelah mendaftar pengguna email akan mendapatkan alamat email yang dapat di akses dengan memasukkan nama pemakai (user name) dan kata sandi (Password). Ada dua jenis E-mail yaitu POP mail dan WEB mail. POP Mail adalah email yang disediakan oleh ISP (Penyedia Jasa Internet), sedangkan WEB mail disediakan oleh website yang ada di internet.

4. Milist(Mailing List)
Mailing List adalah sebuah alamat email yang didalamnya berisi kumpulan alamat email anggotanya. Dengan mengirimkan pesan ke sebuah milist, pesan akan terkirinm ke semua anggota –anggotanya saja yang bias mengirim pesan ke Milist tersebut.

5. VoIP
VoIP merupakan laayanan untuk menelpon melalui internet. Cara ini dapat menghemat interlokal/ international, karena akses internet hanya menggunakan pulsa local.

6. Gopher
Gopher merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun yang dicari hanya informasi yang berupa teks.

7. TELNET
Telnet merupakan aplikasi internet yang memungkinkan kita bias menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi-informasi yang ada di komputer tersebut. Kita bias menggunakan telnet untuk mengakses komputer lain yang letaknya jauh maupun dekat dengan syarat kita memiliki alamat IP (IP address) dari komputer yang akan di akses (User ID dan password) ke komputer tersebut.

8. Internet Relay Chat (IRC)
IRC merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain (Chatting). Untuk dapat melihat lawan bicara kita memerlukan aat tambahan yang disebut webcam.

9. File Transfer Protocol (FTP)
Fie Transfer Protocol adalah aplikasi internet yang memungkinkan kita bias mengirim dan mengambil data/file dari satu komputer ke komputer yang lain. Dengan fasilitas ini kita bias mengambil file dari sebuah komputer server yang letaknya jauh. Proses pengambilan file dari komputer server ini sering disebut dengan istilah download. Kita juga menggunakan FTP ini untuk memasukkan data/file kekomputer server. Proses memasukkan data/file ke komputer server disebut dengan istilah upload.

10. Ping
Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher yaitu suatu program test koneksi yang mingirim suatu paket data kepada host dan menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman tersebu. Dengan fasilitas ini kita bias mengetahui apakah komputer yang sedang digunakan terhubung (terkoneksi) ke internet.


C. SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET

Sejarah internet dimulai pada tahun 1969. Saat itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer, sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Tahun 197 ROY Tomlinson berhasil menyempurnakan program email yang ia ciptakan setahun sebelumnya untuk internet.
Internet berasal dari impian J.C.R Licklider (1915-1990) seorang psikolog di Massachusetts Institude Of Technology. Impiannya itu tentang sebuah Galatic network di awal tahun 1960-an yang kemudian terwujud setelah ia bekerja di ARPA (Advance Research Projects Agency). Sampai pada bulan Maret 1990 ARPANET resmi dibubarkan.

D. MANFAAT INTERNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Internet memiliki berbagai macam keunggulan, antara lain, sebagai media atau sarana untuk mendapatkan informasi secara cepat ddan murah melalui fasilitas www; sebagai media untuk melakukan promosi dan penawaran produk bagi perusahaan- perusahaan; sebagai media komunikasi interaktif bagi pengguna fasilitas email, mailing list, chatting, dan lain-lain; dan sebagai media untuk membantu proses belajar secara online.
1. Peranan internet dalam bidang pendidikan
a. Akses ke pakar
Teknologi informasi dan komunikasi menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinkan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar ditempatlain.
b. Akses ke sumber informasi dan perpustakaan online
Contoh-contoh informasi yang tersedia secara online sebagai berikut:
1) Media kerjasama
Kolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah, efisien, dan lebih mudah.
2) Berbagi hasil penelitian
Internet telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hsil penelitian yang dilakukan di belahan duni berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan orang lain. Hal semacam ini bias mencegah terjadinya penelitian yang sama yang berulang.
3) Diskusi online
Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan menggunakan media internet. Aplikasi diskusi online memungkoinkan para pelajar dapat saling bertukar fikiran tanpa harus berkumpul si suatu tempat.

2. Peranan internet dibidang pemerintahan/ e-government (Electronic gaverment)
Keuntungan kemajuan tik dibidang pemerintah antara lain
a) Meningkatkan layanan kepada masyarakat
b) Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha
c) Tersedia informasi yang mudah diakses oleh masyarakat
d) Berkurangnnya birokrasi yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat

3. Peranan internet dalam bidang usaha
a) Internet Banking
Internet Banking adalah ssalah satu pelayanan jasa Bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informs,
b) SMS Banking
SMS Banking
c) E-Commerce
E-Commerceadalah perdagangan yang menggunakan mekanisme elektronik yang ada di jaringan internet. Perkembangan E-Commerce disebabkan oleh factor berikut.
1. E-Commercememiliki kemampuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan setiap saat pelanggan dapat mengakses seluruh informasi yang tebaru dan terus menerus.
2. E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlansung secara periodik.
3. E-Commerce dapat menciptakan efisiensi yang tinggi, murah serta informative.
4. E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat.

4. Peranan internet dalam bidang social
Untuk menanggulangi kemiskinnan di pedesaan, pemerintah berkerjasama dengan UNDP membuat sebuah program yang disebut dengan ICT4PR, yaitu teknologi informasi untuk mengurangi kemiskinan. UNDP melalui program ICT4PR membangun pusat-pusat teknologi informasi dan komunikasi yang disebut dengan telecenter. Manfaat telecenter ini diantaranya sebagai berikut.
a. Sebagai sumber informasi dan sarana belajar bagi masyarakat
b. Sebagai sarana untuk melihat pasar yang lebih luas dari produk setempat.
c. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan.
d. Meningkatkan informasi kesehatan.
e. Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce.



E. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET
A. Dampak Positif
1. Internet sebagai media komunikasi
2. Internet sebagai media pertukaran data
3. Internet sebagai mesia untuk komunikasi
4. Kemudahan memperoleh informasi
5. Sumber informs yang luas
6. Kemudahan dalam berbisnis
7. Sebagai sumber penghasilan

B. Dampak negatif
1. Pornografi
2. Penipuan
3. Carding (Pemalsuan kartu kredit)
4. Terkena virus komputer

Sumber : http://fiyaphyong.blogspot.com/2011/12/tik-smp-kelas-ix.html
Artikel Terkait

Ditulis Oleh : Rahmi Maulidhita ~ Tips dan Trik Blogspot

Dhita Sobat sedang membaca artikel tentang INTERNET DAN INTRANET. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar on INTERNET DAN INTRANET :

Post a Comment and Don't Spam!